Standar

Problem Based Learning (PBL) pertama kali dikenalkan oleh Prof. Howard Barrow, M.D, sejak tahun 1970 di fakultas kedokteran Mc. Master University Kanada. Namun saat ini penerapan PBL telah berkembang ke berbagai bidang pendidikan. Sejalan perkembangannya, beragam pengertian mengenai PBL, salah satunya menurut Duch (1995).

 “problem base learning (PBL) adalah metode pendidikan yang mendorong siswa untuk mengenal cara belajar dan bekerjasama                  dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masala-masalah di dunia nyata. Simulasi masalah digunakan untuk mengaktifkan keingintahuan siswa sebelum mulia mempelajari suatu subyek.”

PBL menyiapkan siswa untuk berfikir secara kritis dan analitis, serta mampu untuk mendapatkan dan menggunakan secara tepat sumber-sumber pembelajaran. PBL membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa diajak untuk mengembangkan pengetahuan yang telah mereka miliki untuk mengenal dan menganalisis suatu masalah yang diberikan pada awal kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini siswa bekerja sama dengan kelompok, untuk mencari informasi-informasi baru yang relevan agar mendapatkan solusi pemasalah (Amir, 2009:22).

silahkan download makalah mengenai PBL disamping ini inov baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s